Wednesday, September 9, 2020

Ini nih, Solusi Tepat Buat Kamu yang Banyak Masalah

 

Sumber gambar : Google

                Pernahkah kamu merasa bete dengan masalah yang menimpamu. Perjalanan hidup yang penuh lika-liku. Berbagai masalah menerpa. Yang hidup pasti menjumpai yang namanya masalah.Jika kamu tak mau menjumpai masalah yaa..jangan hidup (hehehe...). Cerita dikit tentang pengalamanku dalam mengurai masalah ya, pernah suatu hari saking mumetnya masalah menjadikanku murung dan berlarut-larut tak kunjung usai. Entah apa yang ada di pikiranku waktu itu karena aku belum memiliki pikiran matang tentang itu. Aku yang masih kecil. Masa kecil yang lugu dan lucu. Masa kecil yang hanya memikirkan kesenangan belaka.Masa kecil yang tak begitu tahu makna hidup. Ternyata berbagai macam masalah itu membuatku semakin dewasa. Senang ataupun sedih kiniku menertawakan momen itu. Allah memberikan masalah itu agar aku berpikir dewasa.Hasilnya berupa rasa sedih atau pun senang(kok cerita pengalaman masa kecil) iya karena saat itu aku bener-bener belum tahu.

                 Rasa sedih membuatku berlarut-larut dan tak tahu mengapa hal itu terjadi dalam hidupku. Mengapa aku demikian? Kata yang tak patut terucap. Sekarang berbeda dari yang dulu. Sekarang aku lebih dewasa. Berpikir positif dan selalu yakin bahwa semua yang terjadi dalam hidupku baik senang, susah, sedih bahkan duka semua dari Allah. Dan semua masalah itu akan kembali kepada Allah. Mengapa aku diberi masalah yang menurutku sendiri berat sekali. Mengapa harus aku yang menjalani masalah tak enak itu.  Pernah ku berpikir demikian. Dan sekarang aku tahu jawabannya. Allah menghadirkan masalah itu padaku bukan kepada orang lain karena Allah percaya hanya akulah yang dapat menyelesaikannya.Tenang aja Allah tak akan memberikan masalah melebihi batas kemampuan kita kok. Jadi, jangan berpikir bahwa kita tak sanggup menyelesaikannya karena Allah menyukai hamba yang kuat dan tak berputus asa.

               Allah menghadirkan masalah yang berbeda-beda pada setiap insan. Begitupun tingkatannya. Ada yang tingkatan rendah ada pula yang tinggi. Namun tergantung pada manusianya. Allah tetap Yang Maha Besar dan semuanya kecil menurut-Nya. Apa yang dihadapan manusia besar, kecil dihadapan Allah. Allah menghadirkan berbagai macam masalah untuk menguji iman manusia. Seberapa besar iman manusia. Bisakah ia melewati ujian itu dengan baik. Seperti halnya saat kita ujian semester di sekolah jika kita belajar dengan sungguh-sungguh dan mengerjakan ujian itu dengan jujur dan penuh keyakinan. Kita akan mendapat hasil yang memuaskan. Berbeda dengan murid yang malas belajar. Ia akan kepayahan dalam mengerjakan ujian itu. Hasilnyapun tak karuan. Jika kita mampu menyikapi ujian kehidupan itu dengan baik dan penuh keyakinan bisa menyelesaikannya karena Allah, InsyaAllah kita akan menerima hasil dari ujian itu dengan kebaikan juga. Dan sebaliknya jika kita berputus asa dalam ujian itu kita juga tidak mendapat apa-apa dari ujian itu.

                  Kadar iman seseorang kepada Tuhannya juga berbeda. Semua tergantung manusianya.Tergantung bagaimana manusia itu menyikapi masalah/ujian itu. Dengan cara sabar, berusaha, marah, tak percaya, pasrah, bangkit atau banyak lagi. Selalu ingatlah semua itu dari Allah dan kembalinya dari Allah. Jika kita sebagai hamba-Nya kewalahan dalam menyelesaikan masalah dari-Nya. Ya kita harus meminta pertolongan-Nya. Jangan menyerah dalam berusaha dan berdoa. Hiasi hatimu dengan pernak-pernik cantik agar Allah terpesona agar radar hati kita dengan mudah mampu terdeteksi oleh-Nya. Terkoneksi dengan jaringan-Nya, tidaklah putus-putus. Bahkan putus (tak menyambung sama sekali) karena Allah menutupnya. Arahkan hatimu untuk selalu bisa dilihat-Nya. Semoga Allah selalu membuka hati kita,menguatkan iman kita dan selalu dipermudah dalam mengurai masalah yang menerpa.

Amiiin

 

 

Coretan sedikit. Semoga bermaanfaat,

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment