Wednesday, September 9, 2020

Solusi Buat Kamu yang Mau Lancar Prensentasi di Sekolah


            Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang dengan mengajukan topik kepada orang lain untuk ditanggapi. Kemampuan presentasi yang baik akan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan informasi mudah di terima oleh audience.

Aduh gimana nih besok presentasi? gue mau ngomong apa? gue deg degan kalo di jelekin gimana? and bla bla blaaaa. Itukan yang ada di pikiran kamu ketika akan presentasi di depan teman sekelasmu. Tenang aja sob jangan gugup semua ada solusinya. Coba kamu simak di bawah ini dan  tentunya di praktekin ya!!!!!!

1)      Menguasai Materi

Langkah ini merupakan langkah awal buat kamu yang ingin berpresentasi lancar tanpa gugup. Caranya dengan memperluas materi dengan mencari di buku yang lain atau bisa di internet. Pokoknya sampai kamu benar-benar paham, dengan cara kamu membaca materi yang sama dari buku lain itu akan mempermudah menjawab pertanyaan yang di lontarkan temanmu. Jangan sampai kamu menjawabnya dengan asal-asalan.

 

2)      Buat Slide PowerPoint Yang Menarik

Setelah mengetahui materi yang akan kamu presentasikan,maka tugas selanjutnya adalah membuat slide di powerpoint yang nanti akan kamu tujukan kepada audiens. Buat semenarik mungkin,kata tidak berbelit,mudah dipahami, tambahkan ilustrasi yang dapat mendukung pemahaman,atau mungkin boleh kamu tambah video. Hal itu kamu lakukan agar para audience tidak bosan ketika melihat apa yang kamu tayangkan sambil mendengar penjelasan yang kamu sampaikan.

3)      Berlatih Berbicara dan Bahasa Tubuh di Depan Cermin

Bayangkan kamu menjadi pembicara yang handal di salah satu tayangan televisi.Kamu selalu ditunggu-tunggu karena penyampaianmu yang bagus, sehingga orang suka melihat sekaligus mendengarkan kamu. Setelah membayangkan,sekarang cobalah menjelma menjadi pembicara itu yang udah jago bicaranya. Lakukan di depan cermin,sampaikan mulai dari kalimat pembuka hingga pada bagian inti presentasi yaitu materi dan terakhir penutup.Sambil berbicara sertakan gerakan-gerakan tubuh yang diperlukan,misal mengangkat tangan dan gerakan lain yang tentunya sopan. Rangkailah kata-kata yang dapat di pahami temanmu. Cara ini sangat membantu,namun butuh pengulangan agar dapat berjalan dengan baik. Dengan begitu kamu bisa mudah berbicara di depan umum walaupun itu temanmu.

4)    Possitive Thinking

Kamu pasti mikirin hal hal aneh yang akan terjadi pada dirimukan seperti jika kamu akan di sorakin,merasa suara kamu jelek atau suara kamu kecil,kamu belum bisa menguasai materi. Itu adalah pikiran negatif yang fungsinya untuk menghantui pikiranmu agar tercipta rasa minder, gerogi dan kawan kawan sehingga mendekatkan pada kegagalan. Semua pikiran di atas kan cuma jika, merasa dan belum yang artinya bisa kamu ubah sekarang agar nantinya tidak terjadi.So, buang jau-jauh deh pikiran kaya gitu. Bangun rasa percaya diri dengan memikirkan orang yang menyayangimu dan melihat masa depan yang tentunya menjadi mimpi besar.Percayalah kamu bisa coba tenangkan piriranmu dengan mengucap kalimat ini aku bisa,aku berani, ini sangatlah gampang,mereka bisa aku juga bisa pokoknya demi apapun aku harus bisa

5)     Menghargai presentasi teman

Sebelum kamu tentu ada temanmu yang akan berpresentasi dahulu. Agar sukses presentasi kamu harus menghargainya karena kunci dari dihargai orang lain adalah menghargai. Dengarkan apa yang di sampaikan coba pahami jika belum paham jangan malu untuk bertanya temanmu justru akan senang karena dia bicara panjang lebar ada yang merespon. Tapi kalau merendahkan presentasi temanmu berlagak bisa bahkan menghinanya karena penjelasan yang gak jelas apa yang setelah ini terjadi? semuanya berbalik ketika kamu berpresentasi nantinya baik kamu di cuekin,gak bisa jawab pertanyaan, jadi malu sendiri.

 

6)     6. Maju Tanpa Ragu

Setelah kamu melakukan hal diatas yang kamu lakukan adalah jangan ragu. Keraguan akan membuatmu semakin tak percaya diri dan penuh keambiguan.Yakinlah,melangkahlah dan cobalah,jika gagal tak masalah belajar dari kesalahan. Kesalahan itu harus kamu benarkan. Jika kamu tak menemukan kesalahan kamu tak akan bertemu kebenaran.So, mulailah dari sekarang tunggu apa lagi tunjukan bahwa kamu bisa,bayangkan jika kamu sukses kamu akan membanggakan orang orang yang menyayangimu.


Ok sob, gimana sudah gak deg degan lagikan. Presentasi itu mudah kok jika kita mau berusaha untuk menjadi bisa serta senantiasa berdoa untuk memperkuat usaha kita dan meminta ridho-Nya. Semoga presentasinya berjalan dengan lancar dan membanggakan.

 

No comments:

Post a Comment